search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Tes Swab Acak di Pasar Banyuasri, 5 Orang Positif Covid-19
Rabu, 4 Agustus 2021, 14:10 WITA Follow
image

beritabali/ist/Tes swab acak di Pasar Banyuasri, Buleleng.

IKUTI BERITABULELENG.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABULELENG.COM, BULELENG.

Pasar Banyuasri yang berlokasi di Kelurahan Banyuasri Kecamatan Buleleng, Rabu 4 Juli 2021 menjadi sasaran test swab Covid-19 secara acak yang dilakukan Kodim 1609/Buleleng dan dikomando langsung Komandan Kodim, Letkol Inf. Muhammad Windra Lisrianto. 

Hasilnya dari 100 orang yang menjalani pemeriksaan ditemukan 5 orang positif. 

Dengan ditemukannya warga yang positif dalam test acak tersebut, Kodim 1609/Buleleng melalui Babinsa telah mencatat identitasnya sehingga langkah tracing terhadap kontak erat akan dilakukan untuk mendeteksi penyebarannya. 

“Untuk yang positif, Babinsa berkoordinasi dengan Desa untuk melaksanakan Isoter dan tracing trhadap kontak erat,” tegas Dandim Windra Lisrianto usai pelaksnaan kegiatan.

Dandim Windra Lisrianto mengatakan, tes Covid-19 secara acak dilaksanakan dengan menyasar pasar disebabkan sebagai pusat perekonomian masyarakat yang memunculkan berbagai interaksi yang sangat tinggi sehingga memicu lonjakan penularan Covid-19.

“Dengan dilakukan tes Covid-19 akan diketahui mana yang terkonfirmasi dan mana yang tidak, sehingga bisa cepat dipisahkan. Sebab apa yang terjadi selama ini karena ketidaktahuan masyarakat, yang positif bergerak ke mana-mana sehingga menulari kepada yang lain,” papar Dandim.

Komang Sentani dari Desa Sari Mekar, salah satu pedagang buah di Pasar Banyuasri mengaku deg-degan saat melakukan test swab tersebut, meski telah dua kali menjalani pemeriksaan sebelumnya, namun dia memberikan dukungan kegiatan yang dilakukan Kodim Buleleng itu untuk memastikan kesehatan. 

“Hasilnya negatif, sehat dan ini perlu dilakukan untuk mengetahui kondisinya,” ujarnya. Kedepan selain menyasar pasar, Kodim 1609/Buleleng juga berencana melakukan kegiatan serupa dengan menyasar sejumlah lokasi umum di Kabupaten Buleleng sebagai upaya untuk memperkecil warga yang terpapar Covid-19.

Editor: Robby Patria

Reporter: Kontributor Buleleng



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabuleleng.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Buleleng.
Ikuti kami