search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Tanam Pohon dan Bersih Sampah Plastik Warnai Hari Bumi di Pegadungan
Kamis, 25 April 2024, 00:00 WITA Follow
image

beritabali/ist/Tanam Pohon dan Bersih Sampah Plastik Warnai Hari Bumi di Pegadungan.

IKUTI BERITABULELENG.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABULELENG.COM, SUKASADA.

Gerakan penanaman pohon dan aksi bersih-bersih sampah plastik termasuk mengelar beragam lomba, Rabu 24 April 2024 dilakukan SD Negeri 2 Pegadungan bersama SD Swasta Dwi Bahasa untuk memperingati Hari Bumi 2024 dengan melibatkan anak didik dan para guru di kedua sekolah tersebut.

Peringatan Hari Bumi dengan mengusung tema “Planet vs Plastik” diawali dengan jalan santai di seputaran daerah persawahan di Desa Pegadungan, Kecamatan Sukasada Buleleng. 

Anak-anak dan guru yang terlibat berjalan sembari memungut sampah plastik yang ditemukan serta secara tidak langsung melakukan edukasi kepada masyarakat di sekitarnya.

Selanjutnya di lingkungan sekolah dilakukan penanaman pohon.

Kepala SDN 2 Pegadungan, Ni Putu Sriwati menyebutkan, peringatan Hari Bumi yang dilakukan secara rutin tersebut untuk mengingatkan anak didiknya terhadap pentingnya menyelamatkan bumi untuk kehidupan di masa depan.

“Tujuannya melatih anak-anak untuk tidak membuang sampah plastic sembarangan, menjaga kebersihan agar bumi ini bersih dan peringatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun dan berkolaborasi dengan North Bali Bilingual School. Harapan kedepan bumi ini bersih dari sampah plastic dan oksigen untuk Kesehatan anak kita semua. Jagalah bumi ini dari polusi,” ungkap Kepala SD 2 Pegadungan.

Berkaitan dengan keterlibatan SD Swasta Dwi Bahasa atau North Bali Bilingual School yang berada di Desa Panji Kecamatan Sukasada, Sriwati menyebut telah sejak lama menjalin berbagai kerjasama untuk melakukan pengimbasan kegiatan.

“Karena beliau memang sample sekolah kita dari dulu, kita sudah kerjasama dari tiga tahun yang lalu,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Kepala SDS Dwi Bahasa, Putu Wika Putra, dimana keterlibatan kedua sekolah itu telah dilakukan sejak lama untuk menanamkan nilai-nilai kepedulian terhadap lingkungan, sosial kemasyarakatan kepada anak didik, terlebih lagi dengan semangat yang ditnjukan anbak didik dan para guru di SD Negeri 2 Pegadungan.

“Pertama kita lihat anak-anaknya semangat, kedua guru-guru, kepala sekolah sangat semangat sekali mengikuti kegiatan hari bumi, makanya kami pilih. Sebenarnya ini kegiatan yang kami laksanakan selama dua tahun, dimana awal kami akan mengundang SDN 2 Pegadungan kami ajak ke sekolah setelah itu nanti tahun berikutnya kami akan mengimbaskan dengan datang kesini SD 2 Pegadungan untuk melaksanakan hari bumi ini. Jadi dengan konsep dua tahun itu, sekolah disini bisa mengimbaskan ke sekolah-sekolah yang lain,” ungkap Wika Putra.

Kepala NBBS, Wika Putra berharap peringatan Hari Bumi tidak saja dirayakan setiap tahunnya, tepatnya setiap 22 April, namun implementasi peringatan Hari Bumi sangat penting dilakukan secara nyata.

“Ini merupakan program rutin dan mudah-mudahan dengan program ini banyak sekolah yang bisa melaksanakan hari bumi ini, tidak hanya merayakan tetapi juga care, peduli terhadap lingkungan seperti misalnya tidak membuah sampah sembarangan, menjaga lingkungan agar tetap bersih dan hijau,” ujarnya.

Selain melakukan aksi pengurangan plastik dan penanaman pohon, kedua sekolah itu juga memperingati Hari Bumi dengan melakukan edukasi dan advokasi melalui beragama kegiatan lomba diantaranya mewarnai gambar, memanfaatkan barang bekas untuk hiasan serta membuat poster agar dapat menginspirasi orang lain untuk bertindak.

Editor: Robby Patria

Reporter: Made Suartha



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabuleleng.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Buleleng.
Ikuti kami