search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Bupati Minta Generasi Muda Pedomani Nilai-Nilai Kepahlawanan
Selasa, 18 Januari 2022, 10:10 WITA Follow
image

Beritabuleleng.com

IKUTI BERITABULELENG.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABULELENG.COM, BULELENG.

Bupati Buleleng, Bali Putu Agus Suradnyana meminta kepada seluruh pihak khususnya para generasi muda untuk terus mempedomani nilai-nilai dan semangat kepahlawanan untuk membangun Buleleng. Hal tersebut diungkapkannya saat ditemui usai bertindak sebagai inspektur upacara Peringatan HUT ke 74 Monumen Bhuana Kerta dan HUT ke 65 Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) di Monumen Bhuana Kerta, Desa Panji, Kecamatan Sukasada, Senin (17/1).

Agus Suradnyana menjelaskan peringatan keberadaan Monumen dan Pura Bhuana Kerta ke 74 ini beranjak dari ikrar para pahlawan untuk berjuang mempertahankan kemerdekaan.

Sekaligus juga memperingati HUT ke 65 LVRI. Dengan keberadaan monumen dan pura ini, mengingatkan seluruh pihak di Buleleng dan Bali bahwa nilai-nilai kepahlawan dan sejarah sangat penting untuk dijaga. 

“Dan juga masih relevan sampai saat ini. Semangatnya bisa ditularkan khususnya kepada para generasi muda,” jelasnya.

Monumen dan situs sejarah seperti Monumen Bhuana Kerta ini bisa dijadikan objek-objek wisata. Hal tersebut nanti berjalan seiring dengan model wisatawan yang datang ke Buleleng. Jenis wisatawan belum diketahui yang akan datang. Seperti, wisatawan eropa yang biasanya suka ke museum. Ada juga yang suka ke tempat-tempat bersejarah.

“Itu kita lihat perkembangannya nanti. Tapi yang terjadi selama ini saat Covid-19 melandai adalah lebih dekat dengan tempat yang bersifat dengan lingkungan,” ucap Agus Suradnyana.

Disinggung mengenai apakah akan ada pembaruan terhadap monumen-monumen yang ada khususnya Monumen Bhuana Kerta, Agus Suradnyana mengatakan belum berpikir ke arah itu. Hal terpenting adalah bagaimana menjadikan Pura dan juga Monumen Bhuana Kerta ini sebagai catatan sejarah untuk dipedomani nilai-nilai kepahlawan dan perjuangannya demi mengisi kemerdekaan.  

“Kita mengingat bagaimana perjuangan orang tua kita dahulu untuk meraih kemerdekaan dan sekarang kita mengisinya dengan memberikan kesejahteraan untuk masyarakat,” kata dia.

Editor: Robby Patria

Reporter: Kontributor Buleleng



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabuleleng.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Buleleng.
Ikuti kami