search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Gempa di Karangasem Berimbas ke Wilayah Tejakula
Sabtu, 16 Oktober 2021, 19:30 WITA Follow
image

beritabali/ist/Gempa di Karangasem Berimbas ke Wilayah Tejakula.

IKUTI BERITABULELENG.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABULELENG.COM, BULELENG.

Gempa bumi dengan kekuatan Magnitudo 4,8 yang berpusat di Karangasem berimbas rusaknya sejumlah rumah dan merajan di dua Dusun di Desa Tembok Kecamatan Tejakula.

Guncangan gempa bumi dengan kekuatan Magnitudo 4,8 yang berpusat di Karangasem juga menyebabkan kerusakan di Kabupaten Buleleng, tepatnya di Dusun Sembung dan Dusun Dadap Tebel di Desa Tembok Kecamatan Tejakula. 

Berdasarkan laporan dan pemantauan hingga sabtu (16/10/2021) petang, Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buleleng memastikan kerusakan rumah dan merajan serta tidak aka korban jiwa.

Kepala Pelaksana BPBD Buleleng Putu Ariadi Pribadi menyebutkan, setelah mendapatkan laporan dari Perbekel Desa Tembok langsung melakukan assesment terhadap kerusakan bangunan dan tercatat ada 4 kepala keluarga yang rumahnya rusak termasuk sejumlah pelinggih.

“Kerusakan akibat gempa di Banjar Dinas Dadap Tebel di Desa Tembok ditugaskan Tim assesment untuk ke lapangan memang ada beberapa keluarga bangunan mengalami kerusakan bangunannya akibat gempa yang terjadi dini hari tadi, untuk korban jiwa tidak ada kerusakan bangunan dan pelinggih, harapannya adalah tetap waspada dan jangan panik terkait dengan isu-isu yang tidak benar terkait dengan bencana, tetap tenang waspada,” papar Ariadi Pribadi.

Dari assesment yang dilakukan TRC BPBD Buleleng tercatat kerusakan di Dusun Sembung dialami I Nyoman Kola berupa pelinggih jro penunggu karang, pelinggih rong tiga dan dinding bangunan rumah retak. 

Ketut Nirta mengalami kerusakan pada bagian tembok dapur bagian atas ambrol dan I Nyoman Sukarta mengalami kerusakan pada candi masuk Pura Dadya Bendesa Manik Mas serta di Dusun Dapdap Tebel bangunan bagian atas dapur milik I Wayan Seribek juga ambrol.

TRC BPBD Kabupaten Buleleng juga masih terus melakukan pemantaun sejumlah wilayah di Kecamatan Tejakula berkaitan dengan genpa bumi yang terjadi sekitar pukul 04.18 wita dengan kekuatan Magnitude 4,8 yang juga disertai dengan gempa susulan dengan kekuatan Magnitude 3,8  dan 2,7.

Editor: Robby Patria

Reporter: Kontributor Buleleng



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabuleleng.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Buleleng.
Ikuti kami